Jangan Salah! Ini Bedanya Mobil SUV, MPV, Sedan dan Hatchback

Daftar Isi :

Sekarang ini Mobil menjadi barang yang diminati banyak orang, tidak hanya mereka yang sibuk dengan aktifitasnya yang membutuhkan mobil. Namun banyak dari mereka yang mencari dan membeli mobil untuk sekedar bergaya-gaya an atau juga hanya sekedar untuk digunakan jalan-jalan saja. Oleh karena itu banyak dari mereka yang ingin membeli mobil dengan jenis yang seperti apa. Sekarang ini telah ada banyak jenis mobil yang telah diproduksi oleh pabrik terkenal dari luar negeri. Mengenai munculnya jenis mobil yang diproduksi tentunya tidak jauh dari keinginan para konsumennya. Jadi dari banyak nya jenis mobil yang telah ada itu telah didesain sesuai dengan kebutuhan kita sebagai konsumennya.


Bedanya mobil SUV, MVP, Sedan Dan Hatchback
Bedanya mobil SUV, MVP, Sedan Dan Hatchback
Beberapa jenis mobil yang telah merajalela ditanah air kita yaitu mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), Hatchback dan Sedan. Ke-4 varian mobil tersebut mempunyai desain, komponen, dan karakteristik yang berbeda-beda. Jadi buat kalian yang ingin membeli mobil, tentukan dulu jenis mobil yang mana yang kalian butuhkan. Dibawah ini merupakan perbandingan dari 4 jenis mobil diatas yang pastinya dapat membantu kalian dalam menentukan jenis mobil yang seperti apa yang kalian butuhkan.


Mobil Jenis SUV

Salah satu mobil SUV
Salah satu mobil SUV

SUV adalah singkatan dari bahasa inggris, yaitu Sport Utility Vehicle yang dalam bahasa indonesia artinya Kendaraan Utilitas Sport. Mobil SUV merupakan mobil penumpang yang dirangkai dengan kerangka truk ringan. Mobil ini didesain agar bisa digunakan untuk berbagai medan, yang mana dapat dikendarai secara nyaman dijalanan kota atau On-road, juga bisa dikendarai untuk melewati medan yang sangat sulit atau Off-road. Untuk mendukung fungsinya, kebanyakan mobil jenis SUV ini didesain dengan ban yang besar juga satu ban serep yang diletakkan pada belakang mobil dan juga jarak body mobil ke tanah yang tinggi, selain itu juga mobil ini banyak yang dilengkapi 4 penggerak roda atau 4x4, namun di Indonesia juga banyak yang membuat mobil SUV dengan 2 penggerak saja.

Mobil SUV ini didesain sebaik mungkin, yang mana didalamnya bisa digunakan untuk mengangkut penumpang hingga sebanyak 8 orang, selain itu bagasi dari mobil jenis SUV ini juga tergolong luas, jadi buat kalian yang suka bepergian jauh dan bersama orang-orang terdekat kalian Mobil SUV ini sangat cocok untuk digunakan. Selain mempunyai fungsi dan fitur yang sangat menarik perhatian, Mobil SUV ini mempunyai desain yang sangat menawan. Beberapa orang menyebut Mobil SUV ini merupakan mobil gabungan antara Mobil Jeep, Mobil Sedan dan juga Mobil Pickup.

Dengan banyaknya kelebihan yang terdapat pada mobil jenis SUV ini saat ini banyak orang yang tertarik dengan Mobil SUV. banyak orang yang memilih mobil jenis SUV daripada jenis mobil yang lain, disamping itu, karena banyaknya kelebihan tentunya mobil jenis SUV ini menggunakan komponen-komponen yang lebih berkelas daripada yang lainnya yang mana membuat mobil SUV dibandrol dengan harga yang lebih tinggi. Semakin berjalannya waktu, banyak produsen mobil yang membuat Mobil SUV dengan type yang berbeda-beda, tentunya mereka mendesain mobil tersebut sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat. Beberapa type mobil SUV yang tengah merajalela sekarang ini yaitu:

SUV Mini

Mobil jenis SUV Mini merupakan salah satu varian dari mobil SUV, sesuai dengan namanya, SUV Mini ini merupakan mobil SUV dengan desain yang lebih ramping dan kecil. Contoh mobil SUV Mini yaitu Daihatsu Taruna, Toyota Rush, Daihatsu Terios dan lain-lain.

SUV Compact

Mobil SUV Compact merupakan mobil SUV yang klasifikasinya diantara SUV Mini dan SUV sedang. SUV Compact ini tidak terlalu cocok untuk digunakan untuk Off-Road dan lebih cocok untuk dikendarai di jalanan perkotaan saja, contoh dari mobil SUV Compact ini diantaranya yaitu Nissan X-Trail, Ford Escape, Chevrolet Captiva, Toyota Rav4, Honda CR-V, dan lain-lain.

SUV Sedang

Mobil SUV selanjutnya yaitu SUV yang klasifikasinya diantara SUV Compact dan SUV Besar, yaitu SUV Sedang, contoh mobil SUV Sedang yaitu Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, Nissan Terrano, Ford Explorer, Volkswagen Touareg dan lain-lain.

SUV Besar

Dan Mobil SUV dengan dimensi yang paling besar yaitu SUV Besar, mobil SUV Besar merupakan mobil SUV dengan dimensi yang lebih panjang, lebih luas, lebih tinggi, lebih besar dan lebih luas yang dapat berisi muatan yang sangatlah banyak, dengan desainnya yang besar mobil SUV Besar ini tentunya juga dibekali mesin dengan torsi mesin yang besar juga agar tenaga yang dihasilkan dapat maksimal tentunya dapat digunakan untuk berkendara dengan nyaman dimanapun itu. Contoh mobil dengan type SUV Besar ini yaitu Toyota Land Cruiser, Hummer, Chevrolet Suburban, Nissan Patrol, Nissan Armada, Land Rover Discovery, dan lain-lain.

SUV Luxurius

SUV Luxurius merupakan SUV yang dibuat dengan desain yang mewah, yang mana dibagi menjadi beberapa tipe juga. Contoh mobil Small Luxury SUV yaitu BMW XI, Marcedes Benz GLK, dll. Contoh mobil Medium Luxury SUV yaitu Marcedes BENZ ML-Class, BMW X3, Audi Q5, dll. Contoh dari mobil Large Luxury SUV yang merupakan mobil SUV termahal yaitu Lexus LX 570, BMW X5, Range Rover, dan Audi Q7.

Mobil Jenis MPV

Salah satu mobil MPV
Salah satu mobil MPV

MPV adalah singkatan dari bahasa inggris, yaitu Multi Purpose Vehicle yang dalam bahasa Indonesia mempunyai arti Mobil Serbaguna. Sesuai dengan namanya, mobil jenis ini merupakan mobil yang sebaguna yang mana bisa untuk membawa banyak penumpang beserta barang-barang yang dibutuhkannya. Bisa dikatakan kalau mobil MPV merupakan mobil keluarga.

Mobil MPV didesain lebih besar daripada mobil sedan dan dalam mobil ini biasanya difasilitasi hingga 7 tempat duduk didalamnya, selain itu juga dilengkapi dengan tempat untuk menaruh berbagai jenis barang, baik itu barang-barang kecil, misalnya botol minuman, handphone dan barang-barang lainnya. Jika 7 tempat duduk itu terlalu banyak kalian bisa melipat beberapa tempat duduknya yang berada dibelakang dan kalianpun dapat meletakkan berbagai barang-barang yang lumayan besar. Selain didesain untuk serbaguna, desain mobil ini juga tidak mengabaikan penampilannya, banyak pabrikan mobil yang telah memproduksi mobil MPV dengan desain tampilan yang mewah dan dapat memanjakan mata kalian. Mobil jenis MPV ini masih terbagi lagi menjadi beberapa type. Beberapa diantaranya yaitu:

MPV

Contoh mobil type MPV ini adalah Toyota Kijang Inova, Nissan Serena, Honda Stream, Nissan Grand Livina, dan lain-lain.

Small MPV

Beberapa contoh mobil berjenis Small MPV atau yang juga disebut Mini MPV yaitu Toyota Yaris, Nissan Livina XR, Suzuki Swift, Cevrolet Aveo, dan lain-lain.

Crossover

Type mobil MPV yang lainnya adalah type Crossover yang mana mobil MPV type ini yang telah mengudara di Indonesia adalah Suzuki SX-4

Mobil Jenis Sedan

Salah satu mobil Sedan
Salah satu mobil Sedan
Mobil Sedan merupakan salah satu jenis mobil yang sudah dikenal banyak orang sejak lama, mobil sedan dikenal sebagai mobilnya orang kaya yang mana memang mobil ini mempunyai ukurang yang lebih rendah dan juga mewah.

Ciri-ciri mobil sedan yang sering kita jumpai yaitu mobil sedan dengan dua baris kursi yang mana bentuk desain mobil ini sangatlah bagus untuk dilihat, dengan tinggi nya yang ceper serta desainnya yang mewah membuat mobil sedan menjadi mobil yang cocok untuk keluarga. Namun dengan keunggulan body nya yang ceper dan terlihat mewah tersebut, tentunya hal tersebut juga menjadi salah satu kelemahan dari mobil sedan ini, kelemahannya yaitu mobil ini hanya cocok dikendarai dijalan perkotaan saja. Mobil Sedan ini terdapat beberapa tipe yang berbeda-beda, diantaranya yaitu:

Small Sedan

Small sedan yaitu mobil sedang yang dimensinya paling kecil daripada mobil sedan-sedan yang lainnya. Contoh dari mobil Small Sedan ini yaitu Toyota Vios, Honda City, dan lain-lain.

Medium Sedan

Medium Sedan merupakan mobil sedan yang kelasnya diatas Small Sedan namun masih dibawah Large Sedan. Contoh dari mobil ini yaitu Toyota Corolla Altis, Honda Civic, Chevrolet Cruze, dan lain-lain.

Large Sedan

Large Sedan adalah mobil sedan yang berada diatas Small Sedan dan juga Medium Sedan. Contoh mobil large sedan ini yaitu Honda Accord, Nissan Teana, Toyota Camry, dan lain-lain.

Luxury Sedan

Luxury Sedan merupakan sedan dengan desain yang mewah yang kelasnya berada diposisi paling atas. Deretan sedan mewah atau Luxury Sedan ini terbagi menjadi beberapa tipe lagi. Pertama yaitu Small Luxury Sedan, beberapa contoh nya yaitu Marcedes Benz C-Class, Audi A4, BMW 3 Series, dll. Tipe selanjutnya yaitu Medium Luxury Sedan, yang mana Medium Luxury Sedan ini contohnya yaitu Mercedes Benz E-Class, Audi A6, BMW 5 Series, dll.

Mobil Jenis Hatchback

Salah satu mobil Hatchback
Salah satu mobil Hatchback
Mobil Hatchback merupakan mobil yang mirip seperti mobil Sedan hanya saja perbedaannya terdapat pada desain bagian belakangnya saja. Mobil Hatchback mempunyai desain belakang yang pendek, berbeda dengan mobil jenis sedan yang mempunyai desain belakang yang panjang. Bagasi belakang mobil Hatchback ini terlihat menyatu dengan kaca belakang mobil. Desain pintunya dibuat terbuka keatas agar pengguna dapat memasukkan barang kedalam dengan mudah tanpa terganggu dengan pintunya. Walaupun bagasi belakangnya tidaklah terlalu besar namun cukup untuk menaruh beberapa barang kecil, selain itu jika tidak muat kursi belakang juga dapat dilipat agar mendapatkan bagasi yang lebih luas. Desainer dari produsen sengaja membentuknya seperti itu agar desain mobil ini menjadi lebih ringkas. Contoh merk mobil Hatchback ini yaitu Honda Brio, Toyota Yaris, Dayhatsu Ayla, Suzuki Swift, dan lain-lain.


Itulah berbagai jenis mobil yang perlu kalian ketahui, jadi dengan mengetahui hal tersebut kalian tidak akan salah dalam memilih sebuah mobil, tentunya kalian akan dapat menentukan mobil dengan jenis yang seperti apa yang kalian butuhkan, Mobil SUV kah ? Mobil MVP kah ? atau Sedan ? atau Mobil Hatchback ? semua itu tergantung kebutuhan kalian masing-masing, diatas juga telah admin berikan beberapa contoh merk mobil dalam masing-masin jenis atau type. Semoga kalian cepat menemukan mobil yang kalian impian dan juga kalian butuhkan.
Jangan Salah! Ini Bedanya Mobil SUV, MPV, Sedan dan Hatchback Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Efendy Bloggers